Thursday, January 20, 2011

7. Vingt Cinq!!

Bon anniversaire, Mba Ajeng!! 25 it is!

Ternyata sudah seperempat abad kamu di dunia ini, dan hampir 6.5 tahun kita saling kenal. 6.5 tahun yang luar biasa buat aku.

Berawal jadi mahasiswa baru di Biologi Unpad. Ngelewatin PCA. Jalanin kuliah, ngikutin praktikum bareng-bareng. Saling ngebantu pas salah satu dari kita jadi Asdos. Seru-seruan di Kulap. Ngerjain penelitian akhir kita yang bener-bener beda, tapi selalu saling mampir ke Lab masing-masing. Tapi sayang kita ga bisa wisuda bareng-bareng waktu itu. Aku bahkan ga dateng pas kamu wisuda. Jahat ya aku? Sebenernya, aku ga dateng bukan karena aku ga sayang sama kamu, Mba. Tapi justru karena aku sedih ga bisa ngelewatin hari ini bareng sama kamu. Ga bisa berdampingan sama kamu, sama-sama pake toga, dan jadi sarjana bareng-bareng. Aku terlalu kecewa plus malu. Tapi dibalik ketidakhadiran aku itu. Aku luar biasa bangga sama kamu!

Kamu ga berhenti nyemangatin aku untuk terus maju dan selesain semua skripsi aku. Biar cepet jadi sarjana. Kamu dateng pas aku Kolokium, biarpun telat, aku ga peduli. Di tengah-tengah ketegangan aku ngadepin sejuta pertanyaan dari penguji yang kebanyakan aku cuma bisa jawab pake senyuman, ngeliat kamu masuk ke ruangan bener-bener bikin aku lega. Seneng banget liat kamu dateng. Bikin aku bisa nafas lebih lega.

Apa aja yah yang udah kita lewatin bareng? Banyak ya. Yang kalau diceritain ulang kayaknya bisa bikin kita ketawa sampe nangis kecapean.

Hei, masih inget? Tangga dekanat, anduk putih, dan discmanmu itu jadi saksi kamu menangis di suatu siang. Gara-gara keputer lagu yang ingetin kamu sama sesorang yang berinisial M. Kalau kamu inget sekarang pasti ketawa+malu. Hahaha. Aku waktu itu sedih banget liat kamu kayak gitu. Khawatiirrr banget sama kamu. Berharap kamu bisa segera move on. Dalam artian, kamu bisa segera melupakan yang buruknya dan senyum lagi. Soalnya susah pasti kalau hati yang disuruh move on. Dan si M ini masih terus ya suka kita bahas kalau lagi telfon-telfonan atau YM-an.

Laluu.. Kamu inget waktu aku lagi struggling menghadapi seseorang berinisial A itu? Yang awalnya kamu sembunyiin dari aku kalau dia suka ngehubungin kamu. Sampe akhirnya kamu nyerah dan kasih tau semuanya sama aku. Karena kamu juga ikutan ga tahan ngadepinnya. Aku bener-bener ngerasa ga enak banget sama kamu, kamu jadi ikut terlibat dan jadi ikut ribet. Di tengah-tengah kamu lagi kerja, bahkan sampe harus silent Hp dan suruh orang lain yang angkat karena bener-bener merasa terganggu.

Aku sampe gak tau gimana caranya lagi untuk berterimakasih sama kamu. Kamu bantu aku lewatin itu semua. Kamu selalu ada. Kamu selalu bales sms aku, selalu angkat telfon aku, selalu dorong aku biar aku gak sedih terus. Dan aku ngerasa luar biasa bisa kenal kamu, bisa punya kamu, bisa didukung sama orang kayak kamu.

Waktu aku tau kamu keterima di tempat kamu kerja sekarang. Bulog. Biarpun kamu bilangnya, ngurusin kutu beras. Aku bangga banget! Seenneenng banget kamu keterima. Dan yang lebih senengnya, kamu di Jakarta kerjanya. Gak jauh, gak susah untuk ditemuin. Sayangnya aku belom sempet juga untuk ngunjungin kamu di Tebet. Padahal alamatmu udah aku pegang. Udah aku simpen baik-baik. Karena sewaktu-waktu aku sempat, aku mau kunjungin kamu. Ohya, waktu kamu cerita kalo setelah 1 taun dan SK turun kamu bisa aja ditempatin di wilayah lain, aku cukup cemas juga. Berharap jangan dipindahin dari Jakarta. Karena aku bisa repot, bisa jadi kelimpungan kalo kamu tiba-tiba pindah ke luar Jawa. Keluar Jawa Barat aja aku bisa bingung. Hahaha, konyol banget ya.

Terakhir kita ketemu tuh pas aku wisuda yah? Wisuda yang bikin kamu terpikat sama seseorang gara-gara denger dia sebut namanya. Hihihi. Lucu! Sebegitu bisa melelehkan hatimu ya orang itu?

Ah, Udah lama ya, Mba. Kangen deh. Eh, tunggu-tunggu... Kita kan ke Job Fair yang di ITB ya waktu itu. Job Fair pertamaku tuh. Dan kita berdua ga dapet panggilan satupun dari yang kita apply hari ini. Hahaha. Menyedihkan! Tapi toh nyatanya, kita sekarang udah dengan kerjaan kita masing-masing ya. Kamu ngitung beras, aku ngerjain makalah di kuliah. :P

Kita ini parah banget deh, jarang banget smsan, telfon-telfonan juga jaraaaanng banget. Cuma sekali dua kali aja. Tapi sekalinya telfon, bisa lamaaaaaaaaaaa banget. Kayak ada sejuta cerita yang kita berdua saling lewatin dan kita saling berusaha untuk tumpahin semuanya.

Biarpun jarang banget kita saling tuker kabar. Tapi rasanya seperti gak pernah ada satupun kabar yang aku ga tau. Yaahh, berterimakasih juga sih sama Facebook yang memudahkan aku untuk "memantau" kabarmu. Tapi, tanpa itupun, aku dan kamu selalu saling bisa tau, kapan salah satu dari kita sedang dirundung masalah. Selalu tepat waktu. Selalu tepat sasaran. Apa yah yang bikin bisa begitu? Rupanya kemajuan teknologi masih kalah ya sama kontak batin. Hihihi, udah kayak apaan aja ya istilahnya "kontak batin" ..

Panjang banget ya surat aku ini? Mudah-mudahan kamu baca ya surat ini. Panjangnya surat ini belom bisa ngewakilin kangennya aku sama kamu. Bahkan secuil pun engga. Kalau suratku ini panjangnya kayak buku Campbell Jilid 1, 2 dan 3, mungkin bisa. Tapi kamu pasti udah keburu males baacanya juga. Dan aku juga bisa-bisa jadi keriting jari-jarinya disuruh ngetik surat sebanyak itu.

Mbaaa, udah 25 umurmu sekarang (aku juga sih, 2 bulan lagi). Udah banyak pastinya pengalaman yang kamu dapetin, selama dari kita belom saling kenal sampe detik aku ngetik ini. Mudah-mudahan makin banyak cerita dan pengalamanmu yang bagus-bagus yang bisa kamu kumpulin di taun-taun berikutnya. Aku selalu doain yang terbaik buat kamu.

Mengutip kembali ucapanku di Facebook-mu, "Selamat ulang taun ya mbaaaaa... Sukses teruuss.. Mudah2an cepet jd istri dokter". Ya mba, itu doaku yang setulus-tulusnya. Terlepas jadi istri dokter yang suaranya menggetarkan batinmu itu atau bukan. Atau bahkan bukan dokter yang bisa mencuri hatimu itu. Tapi aku selalu doain bahwa seseorang yang tepat bakalan dateng ke kamu. Dan ngasih yang terbaik yang dia punya, semuanya untuk kebahagiaan kamu.

Aku belum bisa beliin kado apa-apa untuk kamu, Mba. Bukan tak sempat aku nyari. Tapi aku gak tau harus beli kado apa yang pantes buat kamu. Maka, dihari istimewa kamu ini. Surat ini jadi kado (yang mudah-mudahan) istimewa juga buat kamu. Surat ini gak bisa dibeli dimana-mana.

Sekali lagi, selamat ulang taun ya Mba. Best wishes. You know I'll always be there for you, and I'm just a phone call away from you. And in any time, you can reach me. Lots and tons of hugs and kisses for you, Bestfriend. The very best friend in my world!

Love,
Mbaa Echi

0 comments:

Time and Date




 

Design by Amanda @ Blogger Buster